Friday, 20 May 2016

Kisah Tanggal Tua Jangan Datang Kembali

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.
mataharimall-kompetisi



Haaai teman-teman, sudah menonton video di bawah ini? kalau belum saya ceritain isinya dikit ya. Ini adalah kisah Budi. Budi adalah anak kos, ketika tanggal tua datang, Budi menyantap mie instant untuk menu makannya, Budi kehabisan listrik yang jadinya byar pet, ditagih uang kos oleh ibu kos dan.... Budi menemukan TTS yang membuatnya hidup bahagia di tanggal tua. Apaan tu TTS? TTS kok membuat bahagia?



Sekarang ini #KisahTanggalTuaku, kisah yang jangan datang kembali, karena Budi sudah mencontohnya apa yang membuat bahagia di tanggal tua. Saya mau buka-bukaan kisah tanggal tua agar yang lainnya jangan mencotoh apa yang saya lakukan, ya. Gak mau kan seperti Budi di awal video di atas?

Dulu, saat saya menjadi anak kos seperti Budi. Saya sudah rajin membagi uang yang saya terima sewaktu bekerja dalam amplop-amplop yang tertulis untuk pengeluaran apa saja. Jadi, mengganggap waktu sebulan ke depan aman dan menikmati tanggal tua dengan kipas kipas uang warna merah muda. Bhhhhk.

Monday, 16 May 2016

Butuh Dana Cash? Punya Emas? ke Pegadaian Saja !

Pernah mengalami kesulitan keuangan? di sini saya tidak akan menjelaskan cara agar tidak mendapatkan kesulitan keuangan, karena saya bukan ahlinya.

Pernah membutuhkan dana cash dengan proses yang cepat? di sini, saya memiliki pengalaman mendapatkan dana cash dengan proses yang cepat. 

Menggadai Emas


Siapa yang membantu? tentunya ada saja pihak yang membantu. Pihak yang membantu merupakan sebuah Badan Usaha Miliki Negara bernama Pegadaian

Selama lebih dari empat tahun yang lalu, surat bukti kredit dari Pegadaian selalu ada di dalam dompet saya. Jalan terbaik dan teraman adalah menitipkan perhiasan emas yang saya miliki di Pegadaian. 

Beruntungnya di awal pernikahan dan membangun sebuah rumah tangga, saya masih memiliki perhiasan emas. Perhiasan emas itulah benda mulia yang membantu kehidupan saya disaat kesulitan keuangan. Di Pegadaian terdapat transaksi Gadai Emas dengan proses yang mudah dan cepat.

Saya datang ke Pegadaian terdekat dengan tempat tinggal. Membawa perhiasan emas yang akan dititip ke Pegadaian. Memberikan foto copy KTP atau identitas kependudukan, alamat domisili yang jelas disertai nomer telepon. 

Petugas Pegadaian akan memeriksa perhiasan emas tersebut, ditimbang dan ditaksir harga kreditnya. Saya selalu mengambil penuh harga yang diberikan oleh petugas. Dengan tarif sewa modal per 15 hari, untuk hari ke 1 sampai dengan hari ke 15 dihitung sama dengan 15 hari.

Akhirnya dompet saya kembali terisi uang cash. Uang yang dapat memenuhi keperluan rumah tangga. Uang untuk membeli popok untuk bayi saya, membeli garam untuk mengarami sayur rebus untuk saya dan beberapa lauk, uang yang digunakan juga untuk membeli bensin, supaya suami dapat pergi ke tempat kerjanya.

Jangka waktu kredit maksimum 120 hari atau 4 bulan dan dapat diperbarui atau dilunasi. Saya harus mengingat-ingat tanggal jatuh tempo pelunasan kredit. Melewati tanggal jatuh tempo, perhiasan emas yang digadai dapat dilelang, jika tidak ada pemberitahuan. Sebelum tanggal jatuh tempo, sebaiknya diperbarui kreditnya dengan jatuh tempo yang baru lagi.

Awal saya menggadai emas, cara pertama yang diambil. Memperbarui jatuh temponya, karena belum memiliki jumlah dana untuk melunasi kredit mengambil emas yang digadai. Hal inilah yang sangat membantu saya di awal membangun rumah tangga. Penuh perjuangan untuk mempertahankan agar perhiasan emas tersebut jangan sampai terjual.

Salah satu keuntungan memiliki perhiasan emas adalah dapat digadai untuk mendapatkan dana cash dengan cepat dan dengan proses yang mudah. Bagaimana jika belum berkesempatan memiliki emas? Membeli kebutuhan rumah tangga, kadang juga kadang masih kurang. Informasi harga emas logam mulia (ANTAM) hari ini, tanggal 17 Mei 2016 dijual 586.000 rupiah per gramnya.

Perlu waktu lama, bagi sebagian masyarakat di Indonesia untuk mengumpulkan emas satu hingga dua gram. Rata-rata jika membeli perhiasan emas adalah 2 hingga 3 gram yang paling kecil. Ada yang 0,5 gram itu, adalah anting bayi. Padahal emas adalah barang yang sangat fleksibel untuk ditukar dengan uang, untuk digadai ataupun diperjual belikan.

Dalam perjalanan dari Tangerang ke Jakarta tadi malam, saya membaca banyak informasi mengenai Pegadaian Emas. Saya mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai apa sebetulkan pegadaian emas tersebut? apa itu tabungan emas? menabung kok emas? Di sini bukan datang ke Pegadaian untuk menyetorkan emas untuk ditabung ya, bukan.

Tabungan Emas Pegadaian


Saya menemukan sebuah website www.sahabatpegadaian.com tentang pegadaian emas. Pegadaian emas di sini maksudnya adalah tabungan emas yang dimaksud dengan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga terjangkau. Layanan ini, tentu saja memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berinvestasi dengan emas. 

Hari ini, saya datang ke Pegadaian terdekat dan mencari informasi mengenai tabungan emas. Pukul 8 pagi saya sudah datang ke Pegadaian dan suasana di dalamnya sudah ramai. Saya mendapatkan informasi singkat, bahwa tabungan emas di Pegadaian sudah banyak peminatnya.



Sayaratnya cukup mudah, melampirkan foto copy KTP, membayar materai, administrasi dan setoran awal cukup membayar uang yang dihargai sebesar 0,01 gram harga emas saat itu. Hari ini, tanggal 17 Mei 2016 harga jual emas 0,01 gram adalah 5. 550 rupiah dan harga belinya adalah 5.380 rupiah. Bagaimana? cukup mudah dan menarik sekali kan?

Baca Juga : Memiliki Emas dengan Menabung Emas di Pegadaian

Sayang sekali, blanko untuk tabungan emas sedang kosong dan saya diminta untuk datang kembali esok hari. Setiba di rumah saya menjelaskan kepada suami, bahwa tabungan emas ini sangat bermanfaat sekali untuk saya khususnya dan untuk sebagaian masyarakat pada umumnya.



Setoral awal sudah disebutkan di awal ya, dan jika ingin mengambil tabungan tersebut, maksimal dananya sudah seharga 1 gram emas. Jika tetap ingin ditabung dan diteruskan bisa juga dan dapat dicetak setelah ditaksir seharga 5 gram emas. Duh, menggiurkan sekali ya, sebetulnya saya tidak membutuhkan aproval dari suami untuk menabung emas. Saya bisa membayar 100.000 setiap bulan dengan uang sisa belanja kebutuhan rumah tangga. Tapi kalau tidak ijin, rasanya ada yang kurang ya?

Salam
Astin


Tuesday, 26 April 2016

Terkunci di Kamar Mandi, Ganti Pintu Kamar Mandinya !

Ada yang pernah kekunci di dalam kamar mandi? pintunya digedor gedor tetep saja, terkunci? Ganti pintunya sekarang juga. Saya pernah punya pengalaman terkunci di dalam kamar mandi sampai empat kali. Rekor kan? rekor?

Bayangkan, saya terkunci di dalam kamar mandi bersama anak balita saya. Keadaan rumah kosong, karena bapak dan ibu pergi ke toko sebentar. Gimana mau telepon coba? mandi bawa Handphone gitu?

Sepertinya yang memiliki pintu kamar mandi jenis PVC ini ada yang pernah mengalaminya, iya kan? ngaku dech. Di rumah yang saya tinggali ini, ada dua kamar mandi, dua-duanya rusak bagian handle sekaligus pengunci tersebut. 

Thursday, 19 November 2015

Tips Menggunakan Mesin Cuci

Bu ibu, sudah selesaikah pekerjaan rumah hari ini? sudahkah menutup mesin cuci dan menjemur pakaian yang telah dicuci? saya sedang enggak nyuci, yang nyuci kebetulan ART saya. Namun jika tidak ada ART sayalah yang meng-handle semua pekerjaan rumah tangga. Mulai dari mencuci menggunakan mesin cuci sampai pakaian yang sudah kering disetrika, semua dikerjakan oleh saya.

Mesin cuci milik saya memiliki brand ambasador yang sebelas dua belas dengan saya *tolong jangan ditimpuk ya, hehee. Tahun 2008 saat masih pengantin baru, saya diberikan kejutan oleh suami, yaitu membeli mesin cuci top loading, satu tabung. Waktu itu harganya masih mahal, 2,9 juta itu lumayan sekali kan ya. Namun alasan suami, agar saya tidak perlu mengucek dan repot repot bilas membilas mengunakan air, harganya terasa murah.


Tips menggunakan mesin cuci

Mesin cuci tersebut telah berpindah-pindah mengikuti kemana saja sang empunya traveling #Tjash traveling pindahan kali. Heheee, tahun 2008 pertama beli ada di Pondok Labu, 2009 lahir anak pertama pindah di Depok, 2010 resign dari kantor, pindah ke Semarang, 2011 pindah ke Karawaci, kemudian 2011-2015 pindah ke kota Tangerang.

Kebayang kan, bagaimana mesin cuci ini sudah merasakan panasnya deru mesin kendaraan sewaktu memindahkannya bersama dengan barang-barang yang lainnya. Beuuuh, kata sahabatku, kalau mesin cuci Mbak Astin bisa ngomong, mungkin dia akan bilang "saya lelah, cukup...cukup" hahaaaa. Jadi benturan-benturan di kendaraan yang membawa mesin cuci ini cukup membuat luka kecil, namun mesinnya masih sangat bandel.

tips menggunakan mesin cuci
Mesin cuci 2010

Apa yang membuat mesin cuci saya awet mesinnya sampai tahun 2015 bulan November? hiks saya harus merelakan untuk berganti mesin cuci, meskipun mesinnya masih bagus sekali. Masih bisa berputar, masih bisa mengeringkan dan masih membuat getaran-getaran yang kencang. Berikut pengalaman saya menggunakan mesin cuci pertama saya;
  1. Memisahkan pakaian atas dan bawahan
  2. Mencucinya menjadi dua bagian
  3. Isi air yang cukup, jangan terlalu sedikit juga jangan kepenuhan
  4. Bersihkan bagian atasnya ketika terkena air
  5. Bersihkan bagian dalamnya dan kosongkan saringan sampahnya
  6. Puji puji terus dan sayang sayangilah selalu.
Sepertinya itu semua juga dilakukan kan ya oleh semua orang, tapi ada beberapa teman-teman yang baru dua tahun sudah berganti spare part yang ini lah yang itulah dengan brand yang sama. Memang sich, pernah sekali mesin cuci saya tidak mau berputar meskipun powernya menyala. Usut punya usut oleh tukang reparasi sewaktu di Semarang, ada kabel yang tidak kencang, mungkin ditarik-tarik oleh tikus.

tips menggunakan mesin cuci
Mesin cuci 2012

Yup tikus adalah salah satu musuh mesin cuci sayah. Selanjutnya itulah reparasi pertama hanya mencolokkan kabel saja, enggak sampai lima menit dan gratis, karena tidak mengganti ataupun membetulkan spare part yang rusak. Bandel sekali to mesin cuci saya. Tahun 2010 sampai 2015 belum pernah service ringan lagi, anteng sekalikan mesin cucinya.

Ibu mertua saya juga heran, mesin cuci mba Astin awet sekali, padahal sering dibawa ke mana-mana dan sehari bisa 2-3 kali putar. Tahun ini 2015 bulan November, air pembuangannya masuk ke dapur. Ada apa gerangan? apakah pipanya terlalu menjorok ke dapur? ternyata selidik punya selidik oleh suami, pipa bagian dalamnya yang berwarna hitam berlubang terkena gigitan tikus.
 
tips menggunakan mesin cuci
Mesin cuci 2015

Nangis sayah, sampai suami bilang "kalau kamu tetap mempertahankan mesin cuci ini, bisa...tapi airnya ke mana-mana dan kamu bakalan repot dengan air yang masuk ke dapur". Duh, kok jadi sayang banget buat melepas dan mengganti dengan yang baru, Ihiir sayang jugakan mengeluarkan uang untuk membeli mesin cuci baru, hanya gegara tikus makan pipa pembuangan bagian dalam.

Kalau bisa diganti dengan pipa barupun, sepertinya suami saya sudah ingin mengganti mesin cuci lama dengan yang baru. Entahlah saya merasakan sebuah kegalauan dalam hati, namun semua saya serahkan kepada suami untuk memberi saya uang, hehee. Iya juga sich, bagian bawah mesin cuci lama sudah berkarat, karena sewaktu di Depok, rumah kontrakan bagian dapur itu sempit, namun kamar mandinya luas, jadi masuk dech mesin cuci ke dalam kamar mandi.

Good bye mesin cuci yang telah menemaniku selama 8 tahun, welcome mesin cuci baru dengan brand yang sama, forever too ya seperti pendahulumu.  Saya dan suami memang loyal jika mendapatkan brand yang awet, saya dan suami akan menggunakan terus, ada beberapa elektronik rumah tangga yang menggunakan brand yang sama juga dengan mesin cuci ini. [2015:11]

@astinas

Wednesday, 11 November 2015

Bijaklah Menggunakan Kartu Kredit

Teman-teman memiliki kartu kredit? untuk punya punya saja atau memang menggunakan kartu kredit tersebut?

Jika jawabannya untuk punya punya saja, memilih yang bebas iuran tahunan atau ada iuran tahunannya?

Jika punya dan menggunakan kartu kredit, biasanya menarik tunai atau untuk pengganti pembayaran ketika berbelanja?

Jika punya dan menarik uang tunai? bayar tagihannya bagiamana?

Jika punya dan sebagai pengganti pembayaran ketika berbelanja, apakah tagihannya langsung dibayarkan atau membayar limitnya saja?

Duh, kok saya jadi malah yang banyak bertanya-tanya? mau tahu saja sich, sekalian ingin berbagi untuk bijak menggunakan kartu kredit.

Kapan Menggunakan Kartu Kredit?


Jalan-jalan di akhir bulan, tanpa pegang uang yang cukup lalu melihat ada tas yang diidam-idamkan dengan harga yang telah didiskon. Keluarlah kartu kredit, gesek dan menimang nimang tas idaman. #bayi kali ditimang.
Tengah bulan berikutnya mendapatkan tagihan kartu kredit, belanja tas di toko ini sebesar segitu. Dananya belum dianggarkan dan tanggung bulan banget. Gaji bulan depan untuk biaya hidup bulan berikutnya... udahlah, bayar minimum pembayarannya saja. (Jadi berhutang dech)

Awal bulan, belanja bulanan, beras, pasta gigi, sabun, obat nyamuk (biar nyamuknya sembuh), mie rebus, mie goreng, minyak dan lain-lain. Menggunakan kartu kredit, gesek dan angkut belanjaan segambreng untuk sebulan.
Tengah bulan itu mendapatkan tagihan kartu kredit, karena dana sudah dianggarkan, maka tagihan dapat dibayarkan sesuai dengan nominal pembayaran. (Tidak berhutang).
atau
Melakukan pembayaran untuk minimum pembayaran, karena diperkirakan butuh dana untuk pulang kampung. Sama sekali tidak bisa meminjam dana ke siapa-siapa. Jadi, tagihan tidak dibayarkan penuh. (Berhutang ke kartu kredit, bisa pulang kampung dengan dana belanja bulanan yang dibayarkan oleh kartu kredit)

Manfaat Memiliki Kartu Kredit


Jika menggunakan kartu kredit dengan bijak, terkendali dan terkontrol, akan terasa manfaatnya memiliki kartu kredit. Namun jika menggunakannya tidak terkendali dan tidak berpikir ke depan, sudah tidak bijak, dengan hanya mengandalkan melakukan minimum pembayaran. (Ini yang salah).

  1. Berjaga-jaga. Kartu kredit bisa dipergunakan ketika berobat, jika tidak memiliki asuransi dan tidak memiliki uang cash.
  2. Sebagai alat pengganti pembayaran ketika berbelanja. Kadang ada beberapa toko yang memberikan potongan harga, jika menggunakan kartu kredit dengan asngsuran yang ringan.
  3. Sebagai alat pengganti pembayaran ketika berbelanja, pada sebuah toko yang tidak menyediakan angsuran. Setelah berbelanja, dapat menghubungi pihak bank untuk membuat total pembayaran menjadi angsuran/ cicilan.
  4. Sebagai kelengkapan untuk mendaftar pada aplikasi di smartphone, biasanya untuk melakukan pembayaran pembelian paket game atau yang lainnya.
Jadi, memiliki dan menggunakan kartu kredit merupakan sebuah pilihan. Memilih untuk memiliki atau memilih tidak memiliki. Memilih untuk menggunakan atau memilih untuk tidak menggunakan. Memilih untuk menggunakan dengan bijak atau mengandalkan pembayaran minimun pembayaran (yang nantinya akan terasa dikejar-kejar bunga bunga dan bunga)

Pikirkan sebelum melangkah ya, pikirkan sebelum mengatakan iya dan pikirkan sebelum mengeluarkan kartu kreditnya. Saya bukan pengguna aktif kartu kredit, karena ada suami yang mengawasi aktivitas belaja saya. Bukan karena ada pengawasan, jadi saya bijak mengunakan, karena memang kebutuhan memiliki kartu kredit, untuk berjaga-jaga. Bagiamana dengan teman-teman?


@astinas

Saturday, 7 November 2015

Quiz Tipe Rumah Idaman Asty

Bagi saya, rumah merupakan sebuah istana yang sangat dirindukan ketika seharian beraktivitas di rumah. Jangankan rumah tempat tinggal saat ini bersama keluarga kecil saya. Rumah ibu dan bapak di kampung halaman, juga sangat saya rindukan dan ketika melihat fotonya atau mengingat kisah di dalamnya, saya selalu rindu untuk pulang. Rindu untuk berada di dalamnya, apapun bentuknya.

Saat ini saya masih tinggal di sebuah rumah sewa. Sudah hampir sekitar lima tahunan berada di rumah dengan tipe 27. Rumah dengan dua kamar tidur, dua kamar mandi, dapur, ruang tengah, ruang depan dan garasi mobil. Tipe rumah yang saya sewa ini, bukan merupakan tipe rumah idaman saya. Rumah sewa ini, hasil modifikasi dari bangunan sebuah rumah dari perumahan. Modifikasinya kurang saya sukai.

Tipe Rumah Idaman Asty


Mau tahu enggak, tipe rumah idaman saya seperti apa? mau enggak?. Tipe rumah idalam saya adalah tipe rumah yang sederhana, sederhana tapi semua kebutuhan ada di dalamnya. heheeee. Minimalis fungsional lah. 

Saya memilih tipe rumah minimalis, di depan, di samping dan di belakang serta di lantai atas ada taman. Taman yang tidak besar, namun ada hijaunya dedaunan. Pyuuuh...lantai atas, saya ingin ada taman yang memiliki play ground buat anak-anak.

Untuk besarnya rumah, yang penting cukup untuk keluarga besar jika mereka datang dan menginap di rumah saya. Jadi ada kamar utama, kamar anak-anak, kamar pembantu dan kamar tamu. kamar tamu ini dua kali lipat kamar anak-anak. Biasanya kalau keluarga besar datang, kan ramai tuh, kalau kecil, mana muat.

Saya suka sekali menonton film barat, kalau melihat tipe rumahnya, minimalis tapi semua ruangan ada dan semua ruangan terpakai. Contohnya, ruangan untuk menempatkan mesin cuci juga dibuat, atau piano juga ditempatkan di ruangan tersendiri. Namun untuk jendela, saya menyukai rumah dengan banyak jendela

Quiz Tipe Rumah Idaman


Saya dan suami sedang membahas pra membeli rumah. Inza Allah jika diberikan kesempatan oleh-Nya untuk memiliki sebuah rumah, prosesnya dimudahkan, amin. Ketika sedang membahas rumah tersebut, saat sedang klak klik, saya dipertemukan dengan sebuah quiz tipe rumah idaman. wooow, bagaimanakah tipe rumah idaman menurut quiz tersebut? apakah sama dengan tipe rumah idaman milik saya? banyak ruangan, ruangannya terpakai semua, ada taman, dengan banyak jendela dan bergaya minimalis?

Quiz tersebut dipersembahkan oleh Flipit Indonesia. Beuuh, masuk ke dalam pagenya mata saya terpentok pada satu kata "voucher diskon". Ampun dech, belum lagi sebentar lagi kan 11-11, ada hari belanja online nasional, lah malah diketemukan dengan nama toko online Lazada, kan kan kan jadi pingin belanja dong ach.

Kembali lagi ke quiz, nanti kalau suami sudah bobo siang di hari Minggu ini, gerilya yuk ke berbagai penawaran voucher diskon tersebut, heheee #istri apa aku ini. Quiz tipe rumah idaman ini dimulai dengan menjawab nama, alamat email dan saya isi loh, siapa tahu ketiban rejeki istri rajin? mendapatkan voucher diskonan?

Setelah itu, ada pertanyaan yang mengharuskan saya memilih, duh kalau semua dipilih enggak boleh ya? jadi saya memilih satu gambar yang tersedia untuk menjawab pertanyaan. Setelah semua pertanyaan dijawab, akan muncul tipe rumah idaman saya adalah?



Tropical Syle. Jadi ini tipe rumah idaman saya? cocok enggak dengan yang ssaya ceritakan di atas? cocok cocokin ya? siapa tahu proses pembelian rumah dilancarakan, lalu rumah impian saya segera terwujud dong, amiin.

Monday, 26 October 2015

Tips Menata Lemari Es

Hallo, apa kabar semuanya? kalau ngobrolin sesuatu yang saya suka, ngobrolin yang ada di dapur apalagi, beeuh..itu saya semangatnya minta ampun. Semangat karena siapa tahu bakalan ada kekuatan yang mengubah bahan-bahan di lemari es, menjadi kreasi yang membuat mulut melongo dan langsung ingin mencicipinya.

Etapi, pernah enggak sich pas membuka lemari es, breeek pyaaaaar, ada beberapa bahan makanan yang berjatuhan. Ada botol syrup yang jatuh pecah? ada tetesan cairan lengket dari telur yang bikin mumet. Atau, ternyata ada daun bayam yang ternyata sudah berair, membawa bau-bau tidak wangi. Atau ternyata ada tahu bandung yang beneran sudah lupa kapan belinya, ada di wadah makanan? trus lagi, ada sayur asem di dalam mangkuk di atas snack yang sudah terbuka?

Ngelus dada dan bener bikin penyataan "ngapain saja enggaku di rumah?" main game! "ngerasa punya lemari es, enggak sich?" ngeras dong! "sayang sama bahan makanan semuanya di lemari es, kah?" sayang dong!lalu? kenapa jadi begini?!

Lemari Es, Penyimpanan Serba Guna


Pernahkah merasakan hal yang saya ceritakan di atas? ya enggak se drama cerita saya di atas lah. Paling enggak, pernah berpikir apakah lemari es, memang gudang serba simpan? apakah memang semuanya harus disimpan di lemari es dengan cara yang yuk taro, yuk taro. Jujur, ya..ketika saya sedang labil ekonomi, mungkin iya. *Eh, apa sich labil ekonomi? enggak nyambung. Yup, ketika emang sedang crowded, ada sesuatu yang memang sedang diurus. Satu dua kasus, ada yang seperti cerita di atas.

Sesuai dengan fungsinya, tempat penyimpanan yang bisa berupa makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik (#eh iya, kosmetik saya dimasukkan ke dalam lemari es, biar adem saja sich, belum tahu salah atau benarnya).

Fungsinya agar bahan makanan dan minuman tersebut tetap fresh ketika akan disajikan. Alasan saya menyimpan obat-obatan (syrup dan vitamin) serta kosmetik juga sama, terhindar dari debu dan juga kotoran.






Jika semuanya dimasukkan ke dalam lemari , apakah hal tersebut tidak malah menjadi aroma bahan-bahan tersebut tercampur? oh yes, pastinya ya, bu. Namun saya menyiasatinya agar agar agar lebih berhati-hati dan selalu menjaga kerapihan dan kebersihan lemari es.

Tips Menata Lemari Es


Menata lemari es, juga tidak hanya agar bahan makanan dan minuman serta yang lainnya masih fresh. Tetapi, ada manfaat lainnya juga, lho. Mudah untuk menemukan apa yang dibutuhkan, salah satu manfaat lemari es yang ditata dan dijaga kebersihannya.

Saya selalu menyempatkan diri untuk menata lemari es. Saya akan memikirkan terlebih dahulu, jika akan berbelanja kebutuhan makanan. Apakah saya memiliki waktu yang banyak untuk menata dan menyimpannya di dalam lemari es? Jika saya memiliki waktu yang luang, pasti saya akan berbelanja kebutuhan satu minggu.

Paragraf di atas menjadi salah satu tips menata lemari es bagi saya, tips berikutnya, adalah;
  1. Jika type lemari esnya dengan pintu dua, pasti sudah bisa dipisah sendiri ya, antara freezer dan tempat untuk bahan lainnya. Jadi daging dan ikan-ikanan serta bahan beku lainnya di freezer.
  2. Tempatkan sayuran yang paling mudah layu di atas sayuran yang awet / tahan lama.
  3. Sediakan wadah atau tempat transparan untuk memisahkan bahan makanan. Contohnya, masukkan tauge ke dalam wadah transparan, masukkan daun bawang ke wadah lainnya dan sebagainya.
  4. Saya memiliki cara untuk menatanya, dari atas saya menyimpan keju dalam wadah, cokelat mesees dalam wadah, saos dan bahan lainnya yang berupa sacheet di dalam wadah. Bagian berikutnya adalah, bahan makanan dalam wadah yang tahan lama, misalnya wortel dan kentang (#saya masukkan kentang ke dalam kulkas), bagian berikutnya bahan makanan yang tersisa, misalnya martabak manis atau makanan lainnya, tentunya di dalam wadah tertutup. Bagian paling bawah tentunya sayuran.
  5. Pada bagian pintu, ada telur, obat-obatan, syrup dan paling bawah kosmetik *dan saya sedang memikirkan untuk memindahkan kosmetik di bagian paling atas. Mengapa? karena anak saya, kadang menutup kecap atau syrup tidak kencang, jika sedang apes...bakan cair tersebut tumpah dan membuat basah kosmetik, kan?
Memiliki lemari es yang memudahkan jika mengambil? atau terlihat rapih ketika ibu mertua membuka pintu lemari es? mau sekali kan?

@astinas