Monday, 16 May 2016

Butuh Dana Cash? Punya Emas? ke Pegadaian Saja !

Pernah mengalami kesulitan keuangan? di sini saya tidak akan menjelaskan cara agar tidak mendapatkan kesulitan keuangan, karena saya bukan ahlinya.

Pernah membutuhkan dana cash dengan proses yang cepat? di sini, saya memiliki pengalaman mendapatkan dana cash dengan proses yang cepat. 

Menggadai Emas


Siapa yang membantu? tentunya ada saja pihak yang membantu. Pihak yang membantu merupakan sebuah Badan Usaha Miliki Negara bernama Pegadaian

Selama lebih dari empat tahun yang lalu, surat bukti kredit dari Pegadaian selalu ada di dalam dompet saya. Jalan terbaik dan teraman adalah menitipkan perhiasan emas yang saya miliki di Pegadaian. 

Beruntungnya di awal pernikahan dan membangun sebuah rumah tangga, saya masih memiliki perhiasan emas. Perhiasan emas itulah benda mulia yang membantu kehidupan saya disaat kesulitan keuangan. Di Pegadaian terdapat transaksi Gadai Emas dengan proses yang mudah dan cepat.

Saya datang ke Pegadaian terdekat dengan tempat tinggal. Membawa perhiasan emas yang akan dititip ke Pegadaian. Memberikan foto copy KTP atau identitas kependudukan, alamat domisili yang jelas disertai nomer telepon. 

Petugas Pegadaian akan memeriksa perhiasan emas tersebut, ditimbang dan ditaksir harga kreditnya. Saya selalu mengambil penuh harga yang diberikan oleh petugas. Dengan tarif sewa modal per 15 hari, untuk hari ke 1 sampai dengan hari ke 15 dihitung sama dengan 15 hari.

Akhirnya dompet saya kembali terisi uang cash. Uang yang dapat memenuhi keperluan rumah tangga. Uang untuk membeli popok untuk bayi saya, membeli garam untuk mengarami sayur rebus untuk saya dan beberapa lauk, uang yang digunakan juga untuk membeli bensin, supaya suami dapat pergi ke tempat kerjanya.

Jangka waktu kredit maksimum 120 hari atau 4 bulan dan dapat diperbarui atau dilunasi. Saya harus mengingat-ingat tanggal jatuh tempo pelunasan kredit. Melewati tanggal jatuh tempo, perhiasan emas yang digadai dapat dilelang, jika tidak ada pemberitahuan. Sebelum tanggal jatuh tempo, sebaiknya diperbarui kreditnya dengan jatuh tempo yang baru lagi.

Awal saya menggadai emas, cara pertama yang diambil. Memperbarui jatuh temponya, karena belum memiliki jumlah dana untuk melunasi kredit mengambil emas yang digadai. Hal inilah yang sangat membantu saya di awal membangun rumah tangga. Penuh perjuangan untuk mempertahankan agar perhiasan emas tersebut jangan sampai terjual.

Salah satu keuntungan memiliki perhiasan emas adalah dapat digadai untuk mendapatkan dana cash dengan cepat dan dengan proses yang mudah. Bagaimana jika belum berkesempatan memiliki emas? Membeli kebutuhan rumah tangga, kadang juga kadang masih kurang. Informasi harga emas logam mulia (ANTAM) hari ini, tanggal 17 Mei 2016 dijual 586.000 rupiah per gramnya.

Perlu waktu lama, bagi sebagian masyarakat di Indonesia untuk mengumpulkan emas satu hingga dua gram. Rata-rata jika membeli perhiasan emas adalah 2 hingga 3 gram yang paling kecil. Ada yang 0,5 gram itu, adalah anting bayi. Padahal emas adalah barang yang sangat fleksibel untuk ditukar dengan uang, untuk digadai ataupun diperjual belikan.

Dalam perjalanan dari Tangerang ke Jakarta tadi malam, saya membaca banyak informasi mengenai Pegadaian Emas. Saya mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai apa sebetulkan pegadaian emas tersebut? apa itu tabungan emas? menabung kok emas? Di sini bukan datang ke Pegadaian untuk menyetorkan emas untuk ditabung ya, bukan.

Tabungan Emas Pegadaian


Saya menemukan sebuah website www.sahabatpegadaian.com tentang pegadaian emas. Pegadaian emas di sini maksudnya adalah tabungan emas yang dimaksud dengan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga terjangkau. Layanan ini, tentu saja memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berinvestasi dengan emas. 

Hari ini, saya datang ke Pegadaian terdekat dan mencari informasi mengenai tabungan emas. Pukul 8 pagi saya sudah datang ke Pegadaian dan suasana di dalamnya sudah ramai. Saya mendapatkan informasi singkat, bahwa tabungan emas di Pegadaian sudah banyak peminatnya.



Sayaratnya cukup mudah, melampirkan foto copy KTP, membayar materai, administrasi dan setoran awal cukup membayar uang yang dihargai sebesar 0,01 gram harga emas saat itu. Hari ini, tanggal 17 Mei 2016 harga jual emas 0,01 gram adalah 5. 550 rupiah dan harga belinya adalah 5.380 rupiah. Bagaimana? cukup mudah dan menarik sekali kan?

Baca Juga : Memiliki Emas dengan Menabung Emas di Pegadaian

Sayang sekali, blanko untuk tabungan emas sedang kosong dan saya diminta untuk datang kembali esok hari. Setiba di rumah saya menjelaskan kepada suami, bahwa tabungan emas ini sangat bermanfaat sekali untuk saya khususnya dan untuk sebagaian masyarakat pada umumnya.



Setoral awal sudah disebutkan di awal ya, dan jika ingin mengambil tabungan tersebut, maksimal dananya sudah seharga 1 gram emas. Jika tetap ingin ditabung dan diteruskan bisa juga dan dapat dicetak setelah ditaksir seharga 5 gram emas. Duh, menggiurkan sekali ya, sebetulnya saya tidak membutuhkan aproval dari suami untuk menabung emas. Saya bisa membayar 100.000 setiap bulan dengan uang sisa belanja kebutuhan rumah tangga. Tapi kalau tidak ijin, rasanya ada yang kurang ya?

Salam
Astin


13 comments:

  1. Emasku sudah keluar masuk penggadaian tapi ga nambah"

    ReplyDelete
  2. Waah, menarik utk program tabungan emas, aku mau buka tabungan aah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka Noe, tadi mau buka blankonya lagi kosong

      Delete
  3. tertarik sama tabungan emasnya... kalau punya duit, bisa jadi investasi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itulah, cukup mudah kok, setoran awalnya juga kecil,

      Delete
  4. Aku juga dah punya tabungan emas di pegadaian loh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku blm mbk, tadi balnko tabungannya ksoong

      Delete
  5. aku juga sudah punya buku tabungan emas pegadaian mba.. slam kenal :-)

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah sudah pernah beli emas di pegadaian walaupun masih yang kecil

    ReplyDelete